Masa Kecil di Bulan Ramadhan

Oleh: Luthfi Akmal Muzakki

Ini adalah masa kecilku ketika saya masih umur tujuh tahun di Bulan Ramadhan. Ketika itu, orang tua saya menyuruh saya untuk berpuasa. Tetapi tidak sampai maghrib, hanya setengah hari yaitu waktu zuhur. Lalu saya pun menyoba untuk berpuasa setengah hari di hari pertama Bulan Ramadhan waktu itu.

Rasanya sangat berat, berat seperti rindunya milea pada dilan. Jangan berpuasa, berat, kamu gak akan kuat, biar aku saja. Haha itu hanya lelucon saja kawan. Sahur saya waktu masa kecil itu sangatlah banyak, ada nasi, nugget, sosis, telur, dan susu untuk minum sahur saya di waktu itu.

Karena waktu itu saya masih sd, di SD Hang Tuah 10 Juanda, ketika bulan itu masih liburan. Dan itu membuat saya lebih menghabiskan main di rumah dan sekitarnya. Setelah terdengar adzan shubuh, saya dan keluarga saya segera bergegas menuju musholla dekat rumah saya untuk melaksanakan sholat shubuh berjamaah.

Setelah sholat berjamaah, dilanjut dengan tadarus quran bersama keluarga di rumah. Hal itu membuat hati saya dingin dan tentram. Karena saya masih kecil, saya mulai mengantuk karena bangun pada jam 02.00 WIB untuk melaksanakan sahur, saya pun langsung tidur di kamar.

Karena sangat ngantuk, aku pun bangun pas adzan zuhur. Lalu saya bergegasa berbuka puasa di siang bolong. Alhamdulillah, bisa berpuasa, meskipun Cuma sampai stengah hari, dan saya akan bertekad untuk kedepannya akan berpuasa sampai adzan magrib seperti orang baligh.

Orang tuaku sangat baik, meskipun orang tuaku berbukanya waktu adzan maghrib, mereka tetap menyediakan menu buka ku dengan sangat banyak dan spesial. Ada kentang, sosis, pentol, dan ada minuman kesukaanku, yaitu es degan. Ya Allah kedua orangtuaku ini sangatlah baik, dan semoga surga baginya, Amin.

Keesokan harinya, saya di tantang sama kedua orangtuaku untuk puasa sampai maghrib, dan apabila terwujud, maka nanti aku akan dapat hadiah dari kedua orangtuaku. Tetapi kedua orangtuaku belum mengasih tahu apa hadiahnya, menunggu terwujud dulu tantangannya kepadaku.

Tanpa berpikir panjang, aku pun bersedia menerima tantangan dari kedua orangtuaku tersebut. Saya pun sahur di pagi hari tersebut, dan kegiatannya seperti kemarin. Kehausan dan kelaparan pun saya rasakan ketika waktu siang hari. Karena di kota saya, cuacanya sangat panas sekali.

Saya pun sangat lemas sekali tak berdaya, seperti kecantikan milea yang membuat hati luluh tak berdaya lunglai, haha wkwk. Puncak kelelahan dan kelaparanku adalah ketika sore hari, lalu aku putuskan untuk tidur, kalaupun tidak bisa tidur, aku paksa untuk tidur dan mataku harus merem sampai adzan maghrib berkumandang.

Lambat laun, akhirnya yang aku tunggu pun menghampiriku, yaitu ADZAN MAGHRIB. Sesuatu kebahagiaan bisa puasa satu hari full, tidak seperti kemarin yang hanya setengah hari. Lalu pun saya bergegas untuk melaksanakn berbuka puasa bersama keluarga yang kucinta, kubangga, dan kusenangi.

Dan pada jam 21.00 WIB, saya di panggil kedua orangtuaku di kamarnya, katanya mau disuruh sebentar. Dan apa yang terjadi?, aku mendapatkan hadiah dari kedua orangtuaku karena telah mampu melaksanakan tantangannya, dan saya pun menangis bahagia karena di sisi lain bisa puasa full, di sisi lain mendapat hadiah

Pingin tahu hadiahnya apa kawan atau pingin tahu banget?. Taraaaaaa, aku mendapat hadiah mobil remote control, ahhh rasanya senang sekali waktu itu, dan karena musim mainannya itu yaa mobil remote control, dan bentuk mobilnya tampak elegan dan berwarna full hitam.

Dan saya juga suka warna hitam apapun itu. Akhirnya keesokan harinya, di pagi hari yang biasanya aku setelah sholat dan ngaji itu langsung tidur, tetapi aku mengajak teman-teman perumahanku untuk bermain mobil remote control. Ah senangnya aku bisa bermain sama teman-temanku.

Kemudian kami pun mengadakan lomba balap mobil di jalan perumahan kami. Dan yang juara 1 adalah aku, karena mainan mobilku versinya terbaru di banding punyanya teman-temanku, haha maaf sombong dikit. Akhirnya jam 10 pagi, kami pun berhenti bermain karena sudah terik matahari. Sekian dari secuil kisah masa kecil aku di Bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin

Respond For " Masa Kecil di Bulan Ramadhan "