Memberi di Bulan Ramadhan

Oleh: Khairunisa Harahap

Awal bulan ramadhan yang penuh dengan bahagia bisa berkumpul dengan saudara di rumah kakak adik ibu dan bapak. Menyambut masuknya bulan ramadan yang penuh berkah walupn hanya di lakun puasa ramadhan setahun seklai watu berkumpul dengan keluarga itu snagat embuat bahagia.

Sebab saya merantau dari rumah untuk kuliah jarang ketemu keuarga di waktu bulan ramadhan tahun lalu saya, menghabiskan waktu di kampus untuk melanjukan masa depan saya agar bisa membanggakan orang tua tercinta di kampung halaman

Walupun ada rasa sedih puasa pertama tidak bersama dengan orang tua, melihat teman-teman yang meminta maaf kepada orang tua secara langsung dan sholat teraweh barsama saur bersama itu merasa sedih ingin menagis melihat orang yang dekat dengan orang tuanya.

Sekarang saya sudah bahagia karena saya puasa tahun ini bisa pulang kampung dan merayakan ramadan bersama keluarga yang saya banggakan.

Dan juga tetangga yang saya memasak makanan bayak pasti saya beri untuk buka puasa,  meski tidak terlalu banyak . tetapi menghargi orang yang berpuasa itu mendapat pahala yang berlipat-lipat ganda.

Maka dari itu seringlah kita memberikan sedikit makanan kita kepada orang terdekat dari rumah kita karena ini bulan yang penuh ramatanlilalamin.

Dari itu ketia datang bulan yang penuh berkah kita sisihkan sedikit makan kita atau uangk kita untuk menyatuni anak yatim orang-orang yang di jalanan yang membuthkan batuan dari kita. Sebab ada yang berbuka puasa dengan segelas air putuh untuk membatalkan puasa selama satu hari dia menahan haus dan lapar.

Miris melihat orang yang tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya, jadi lah kita orang selau ingat kepada sudara kita untuk meberi sedikit dari buka puasa yang kita miliki karena orang memberi makan kepada orang berpuasa akan mendapat berkah yang sanagat muliaa dari allah swt.

Berderma itu buakan hanya dengan uang saja tetapi dengan senyum dan membatu orang yang berpuasa untuk merupakan berderma dalam bulan yang penuh berkah.

Jadilah kita orang yang selau mengigat orang yang butuh akan bantuan kita ketika dia berpuasa tidak ada orang yang memberi dia sedikit makan. Untuk kebutuhan hidupnya sangat kekurangan maka dari itu kita sebagi umat manusia saling melihat satu sama lain di lingkungan tempat kita tinggal.

Karena saya selau memperhatikan kehidupan yang ada di sekitar kita agar menjadi orang yang berdermawn di bukan penuh berkah. Tetpi buakan bulan ramadhan saja kita hrus bersedekah atau membantu orang tetapi di bulan lain juga bisa asalkan kita bisa saling mengargai dan mencintai orang di sekitar kita.

Cinta kash kita sangat kita hargai kita orang lain saling menghargai kita, jangan merusak iman kita karena suatu hal yang membatalkan puasa kita.

Ketika kita bersedekah kepada orang lain jangan memngubarnya kepada orang lain, menggap kita paling baik dan sempurna padahalitu belum tentu menjadi suatua yang baik itu kita sendiri.

Suatu hari ada seorang anak yang nagis karena tidak mendapatkan satu buah roti, lalu ibu ini bertanya kenapa nak kamu menagis tidak mendapat roti, dia menjawab ibu kasiahan adik saya yang sudah kelaparan karena berpuasa satu hari penuh ketika saya buka puasa tidak ada  bukaan.

Jadi kamu membatalkan puasa gimana karena ketika dapat berbuka puasa harus berbuka, iya buk saya tau saya mengambil air inum dari keran mesjid untuk emmbatalkan puasa saya.

Sangat malang sekali nasip mu nak, iya buk ketika saya kesini ternyata takjil yang ibu berikan kepada orang yang tidak mampu sudah habis. Maka saya sedih kasih adik saya bukdik bolehkah saya pergi buk untuk mencari bakan untuk  adik saya.

Ketika dia membalikan badannya ibu itu memanggil nak sini, ibu akan memberimu sesuatu untuk adil mu dan kamu. Lalu ibu itu memberi uang untuk membeli nasi dan makan untuk sahurnya nati.

Dan ibu itu memberi pesan kepada anak itu untuk datang kesini kembali agar buka puasa bersama untuk bsok dan membawa adiknya.

Karena memberi tidak menghabiskan harta kita tetapi menambah harta kita baik di dunia maupun di akhirat natinya.

Ketika saya dengan teman saya pergi ke suatu tempat untuk bukber bareng teman sekoloh itu sangat senang sekali, karena sekaligu rinuian dengan teman sekolah yang penuh dengan kengan.

Walupun ramadan masih ada seminggu lagi tetapi masa bersama untuk merayakan buka bersama itu sudah di rencanakan oleh kami,

Karena ramadhan itu sangat penuh dengan rahmat dari allah swt yang penuh dengan ke syukuran yang kita dapatkan dan menghargai orang lain itu sangat sering kami lakukan bersama teman sekolah.

Teman sekolah saya ketika masuk bukan ramdahan itu sangat penuh dengan keceriahan yang sangat bahgia bangat  banyak kegitan dilakukan untuk ketika masuk bulan ramadhan.  Memberi di bulan ramdhan kata guru agama kami itu snagat baik bukan hanya di bulan ramadhan saj tetapi di bulan lain juga bagus,

Tetapi lebih baik ketika kita memberi di bilan rmadhan itu sanagt lebih bagus lagi karena lebih banyak pahala yang kita dapat dari allah swt. Walupun kita tidak tau pahala atau tidak yang kita dapat dalam memberi ini tetapi kalu ada niat yang ikhlas pasti akan dapat pahala kata temen sekolah saya.

Kata mama saya kita masak di untuk berbuka puasa buatlah lebih agar kita bisa kita bersedekah dengan audara kita karena kita bisa memberi kepada orang lain hanya di bulan ramdhan, kami biasa  memberi bukan untuk orang di mesjid untuk kebaian bersama mana tau ada orang yang musafir bisa buka puasa di mesjid.

Memberi bukan untuk kita sombong tetapi membantu orang yang berbuka puasa yang tidak memiliki makanan untuk berbuka puasa.

Ketika kita senang-senang makan muka puasa di luar atau di kafe yang elit tetapi sudara kita tidak bisa makan untuk puasa, lebih baik uang yang kita punya di berikan kepada orang yang membutuhkan dari pada kita buka puasa di luar.

Adik ku bilang boleh buka puasa di luar kak tetapi kasihan tetangga kita yang susah untuk berbuka puasa harus menunggu suaminya pulang membawa beberapa kue yang di daptkan dari pekerjaannya

Masak kita rela melihat itu semua, lebih baik sedikit unag kita membeli makanan untuk merkeka dan membeli beras unuk sahur mereka kak.

Kamu benar dak kak selama ini salah selalu meminta uang mama untuk makan di tempat mewah karena takut tidak di temani sama kawan kak.

Berarti kak selama ini salah ya dek dengan semua kpoyahan kak dengan uag di berikan oleh mama, adik kok pintar sekali tentang masalah memberi di bulan ramdhan.

Begini kak ada guru aji yang bilang bahwa kita lihat lingkungan kita membutuhkan bantuan dari kita atau tidak, karena itu lebih baik kita bantu baru orang yang jauh dari rumah kita karena kebaikan tidak di ukur seberapa kita memberi tetapi seberapa kita ikhlas memberinya kepada orang lain yang saangat membutuhkan uluran tanagn kita yang bisa memberi.

Begitu kak kata guru agama adik, adik sekarang sudah pintar dengan masalah memberi ya di bulan ramadhan ya, kak sangat salut dengan adik terus pelajari tentang islam karena agama islam sangat indah untuk di pelajari apa lagi adik masih kecil pasti bisa jadi ustd nati klau sudah besar.

Jangan pernah sombong dan angkuh untuk setiap apa yang kita dapat karena sebagian hasil uang yang kita dapat ada hak ornag lain yang harus kita beri, yaitu anak yatim dan orang yang tidak mampu.

Iya kak aku selalu akan memberi sedikit uang aku untu orang yang membutuhkan apa lagi bulan ramhdan di tahun 2018 akan tiba.

Maka itu adik snagat senang sekali dan tidak sabar untuk datang bulan yang penuh rahmat dan keindahan yang sanat luar biasa.

Karena tidak ada bulan yang paling indah selain bulan ramadhan yang penuh suka duka tawa janda yang kami lakukan sama teman dan keluarga ya kan dak.

Iya kk karena klau tidak bulan ramdhan kita sangat sulut untuk berkumpul bersama menghabiskan waktu bersama memberi sedikit makan kepada orang lain. Juma di bulan ramdhan lah kita bisa kumpul dan hari raya idul fitri.

Benar itu dek karena meberi di buan rahmadan untuk sangat penuh keindahan apalagi bisa kumpul sama keluarga tercinta tidak bisa di bilang dengan kata-kata lagi juma hnaya dengan senyuman bahagia yang selau aku lewatkan setiap harinya.

Bahagia untuk indah di bulan ramdahan hanya memberi bubur kepada orang lain itu snagat senang sekali dan bahagia sekali dengan penuh ketenangan jiwa dan hati yang kita dapat di bulan ramadhan.

Respond For " Memberi di Bulan Ramadhan "